Recent Post

Langganan Artikel

Ikuti Info Terbaru OKU Timur Lewat Email Anda. Caranya Mudah, Tulis Email Kamu!

Delivered by FeedBurner

Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur

Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur Tahun 2018.
okutimurnews.id - Porkab adalah Pekan Olahraga Kabupaten. Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) merupakan salah satu instrumen dalam mengukur keberhasilan pembinaan olahraga di tingkat kabupaten. Pekan Olahraga Kabupaten untuk selanjutnya disebut PORKAB III OKU Timur merupakan titik kulminasi pembangunan/ pembinaan olahraga di Kabupaten OKU TIMUR, baik dari segi sarana, prasarana, sumber daya manusia, karena komponen-komponen tersebut secara langsung akan berpengaruh terhadap prestasi olahraga di Kab. OKU TIMUR.
Upacara Pembukaan PORKAB III Kab OKU Timur Tahun 2018
Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur memiliki arti penting bagi Kab. OKU TIMUR sebagai sarana untuk mendukung prestasi di bidang olahraga yang akan menghasilkan atlet-atlet berprestasi sebagai asset Kab. OKU TIMUR. Disamping itu PORKAB merupakan sarana yang paling strategis untuk memacu dan meningkatkan pembangunan baik dari segi fisik maupun sumber daya manusia Kab. OKU TIMUR umumnya dan kecamatan penyelenggara khususnya. Pembinaan olahraga menuju prestasi tidaklah semudah seperti membalik telapak tangan dan harus dilakukan dalam jangka waktu yang lama, sekitar 4-12 tahun bahkan bisa sampai 16 tahun dan ini harus dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan dengan program latihan yang jelas.

DASAR Pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur tahun 2018 adalah berdasarkan :
a. Keputusan Musyawarah Olahraga Kabupaten (MUSORKAB) KONI Kab.OKU Timur 2016 yang merekomendasi bahwa penyelenggaraan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur dilaksanakan akhir bulan November 2018.
b. Program Kerja KONI Kabupaten OKU TIMUR Ketua H.M.ADI NUGRAHA PURNA YUDHA,SH masa bakti tahun 2017-2021
c. Hasil Rapat Pengurus KONI Kab. OKU TIMUR dan Anggota,pada tanggal 05 Oktober 2018 yang Memutuskan tentang Pelaksanaan PORKAB III OKU TIMUR .

TUJUAN Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur Untuk memacu prestasi olahraga sekaligus sebagai sarana untuk menuju atlet-atlet potensial dari seluruh kecamatan yang dapat dikembangkan menuju prestasi tinggi.

TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN PPekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur 2018 akan dilaksanakan pada Hari : Rabu s.d Minggu, Tanggal : 22 s.d 26 November 2018 Tempat : Kecamatan Belitang dan sekitarnya.
CABANG OLAHRAGA YANG DIPERTANDINGKAN/DIPERLOMBAKAN Pada Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur 2018 akan mempertandingkan/ memperlombakan 14 cabang olahraga yaitu :
Cabang olahraga wajib harus dilaksanakan oleh penyelenggara, dan tidak wajib diikuti oleh kecamatan, yaitu :

1. ATLETIK(sebagai Dasar dari semua cabang Olahraga)
2. SENAM (sebagai Ibu dari semua cabang Olahraga)
3. PENCAK SILAT (Olahraga Tradisional yang sudah mendunia)
4. AQUATIK/RENANG(Olah tubuh terlengkap dan banyak medali)
5. SEPAK TAKRAW(Cabor permainan tradisional asli Indonesia)
6. SEPAK BOLA(Cabor permainan terpopuler di Indonesia/dunia)

Cabang Olahraga Pilihan Cabang olahraga  yang dapat dipilih oleh Panitia setelah  berkonsultasi dengan Pengurus Kabupaten /Pengkab.Cabang Olahraga yang dimaksud dan disetujui oleh KONI Kab. OKU TIMUR (Pengkab yang aktif/mempunyai SK dari Pengprov.Cabor masing-masing)  sesuai dengan ketentuan persyaratan umum, yaitu :

1. BOLA VOLI
2. BOLA BASKET
3. BULUTANGKIS
4. TENIS MEJA
5. KARATE
6. CATUR
7. FUTSAL
8. MENEMBAK

PERSYARATAN UMUM Cabang olahraga dapat dipertandingkan/ diperlombakan pada Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III  bila Cabang Olahraga tersebut diikuti oleh minimal 5 kecamatan, bila kurang dari 5 kecamatan maka tidak dapat dikompetisikan pada PPekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur 2018.

PESERTA Peserta adalah mewakili kecamatan masing-masing berdasarkan domisili/ tempat tinggal, yang dibuktikan dengan bukti fisik; E-KTP dan KK. Usia Atlet maksimal 21 tahun(kelahiran 1998 dan sesudahnya) dibuktikan dengan STTB terakhir dan Akte Kelahiran kecuali Catur,Pencak Silat dan Menembak.

AKOMODASI/ KONSUMSI Untuk akomodasi dan konsumsi peserta selama Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur 2018 ditanggung oleh masing-masing kecamatan. Panitia hanya memberikan fasilitas untuk mencarikan akomodasi dan konsumsi.

TRANSPOTASI Untuk transportasi dari kecamatan dan kembali ke kecamatan serta selama kegiatan  ditanggung oleh peserta kecamatan.

KEPANITIAAN Panitia Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur 2018 melibatkan Pengurus Kabupaten/Pengkab.Cabor dan Pengurus KONI Kab.OKU TIMUR;sedangkan untuk Wasit/Juri adalah Wasit/Juri yang bersertifikat sesuai dengan UU RI Nomor: 03 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

ANGGARAN penyelenggara Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) III OKU Timur disediakan dan bersumber dari :
1. APBD Kab. OKU Timur melalui Dana Hibah tahun anggaran 2018
2. Sumbangan dana yang digali masing-masing kecamatan untuk penyelenggaraan kegiatan.

Selain di OKU Timur ada Beberapa Kabupaten dan Kota Di Indonesia sedang melaksanakan Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) 2018.

Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Malang ke-7 tahun 2018, resmi dimulai Sabtu (10/11). Event setiap dua tahun sekali ini, akan berlangsung selama 15 hari, sampai tanggal 25 November mendatang. Porkab Malang ini, diikuti 1300 atlit yang tersebar di 33 kecamatan.  “Tahun 2018 ini sedikit berbeda. Kalau dulu hanya sepekan, namun kali ini pelaksanaannya lebih lama," ungkap Ketua Harian KONI Kabupaten Malang, Imam Zuhdi. Dalam Porkab ke-7 tahun 2018 ini, diikuti 47 cabang olahraga (Cabor). Sebanyak 28 Cabor adalah sistem pertandingan, sedangkan sisanya 19 Cabor untuk laga eksibisi. Namun itu masih belum final, karena keputusan untuk Cabor baru hari Sabtu nanti.

Pekan Olahraga Kota (PORKOT) Palembang Ribuan peserta dari 18 kecamatan di Palembang meramaikan pembukaan Pekan Olahraga Kota (Porkot) Palembang ke X di Stadion Kamboja Palembang, Minggu (11/11/2018). Pembukaan Porkot ke X dibuka langsung oleh Plh Sekda Kota Palembang Sulaiman Amin didampingi oleh Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Palembang, Suparman Roman. Sebelum pembukaan, kegiatan dibuka dengan atraksi marching band. Dilanjutkan dengan defile dari 18 kontingen yang hadir se kota Palembang, penampilan band lokal aliran rock dan kegiatan lainnya. Plh Sekda Kota Palembang, Sulaiman Amin mengapresiasi multievent yang digagas oleh KONI Palembang ini.

PORKAB adalah Pekan Olahraga Kabupaten
PORDA adalah Pekan Olahraga Daerah
PORKOT adalah Pekan Olahraga Kota
PORPROV adalah Pekan Olahraga Provinsi
PON adalah Pekan Olahraga Nasional


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *