Website Berita dan Info Pendidikan, Kesehatan, Wisata, Bisnis,Lowongan Kerja dan Teknologi

ads

Berita Terbaru

3 Stasiun Radio FM di OKU Timur, Siap Promosikan Produk Anda.

On 1:55 AM with No comments

okutimurnews.id - Stasiun Radio Fm di OKU Timur  ada 3 yang setiap hari aktif menyiarkan Info dan berita untuk masyarakat OKU Timur, Fungsi Radio FM biasanya menyampaikan Berita Terbaru, Info Kehilangan atau Promosi Produk, Namun sebelum membahas radio mana saja itu kita harus tahu apa itu radio FM.



Radio FM adalah Modulasi frekwensi (FM) yaitu cara untuk menyampaikan info melalui gelombang pembawa dengan memvariasikan frekwensi, Hal semacam ini berlainan dengan system Modulasi Amplitudo (AM) di mana system AM amplitudo dari gelombang pembawa yang beragam sedang frekwensi tetaplah konstan.

system siaran dengan tehnologi FM diketemukan oleh Edwin Howard Armstrong yang bisa mentransmisikan suara kwalitas tinggi lewat gelombang radio.
Sejarah FM diawali th. 1936 saat Edwin Howard Armstrong menperkenalkan frekwensi FM sebagai cara untuk mengurangi masalah pada transmisi radio dalam konferensi Radio Engineers New York pada 6 November 1936. Frekwensi FM dengan luas digunakan pada piranti telekomunikasi untuk kirim nada tanpa ada noise (masalah). Dalam aplikasi analog, frekwensi sebentar dari carrier (frekwensi pembawa) berbanding lurus dengan nilai sebentar dari tanda input. Data digital bisa di kirim dengan menggeser frekwensi pembawa diantara seperangkat nilai-nilai diskrit, tehnik ini di kenal jadi frekwensi-shift keying.

Feature dari sinyal FM

1. Feature yang paling perlu dari frekwensi modulasi (FM) yaitu ketahanannya pada masalah sinyal amplitudo. Modulasi ini dikerjakan dengan merubah macam dalam frekwensi. Berarti, amplitudo gelombang tanda apa pun akan tidak memengaruhi output audio, seandainya tanda dari pemancar radio tetap dalam jangkauan radio penerima.
2. Gelombang FM mempunyai sifat ketahanan pada noise serta interferensi. Argumen berikut mengapa gelombang FM dipakai untuk transmisi tayangan berkwalitas tinggi.
3. Feature beda yang perlu terkait dengan transmisi FM. modulasi audio bisa diaplikasikan pada tahap pemancar berdaya rendah, serta tidaklah perlu memakai bentuk penguatan linear untuk tingkatkan tingkat daya sinyal ke final.
4. Transmisi FM bisa memakai amplifier RF non-linear untuk menguatkan tanda FM di pemancar. Ini lebih efektif dari pada penguat RF linear Oleh karenanya, untuk keluaran daya pancar yang sama, pemancar FM lebih irit energi dibanding dengan pemancar lain.

Konsep Cara Kerja

Untuk hasilkan sinyal FM, frekwensi radio pembawa mesti dirubah searah dengan amplitudo dari sinyal audio yang masuk. Saat sinyal audio dimodulasi ke frekwensi pembawa gelombang radio, frekwensi gelombang radio juga akan bergerak naik serta turun. Tingkat dimana gelombang bergerak naik serta turun ini di kenal jadi “Penyimpangan” serta direpresentasikan jadi penyimpangan Kilohertz. Umpamanya, bila gelombang sinyal mempunyai penyimpangan dari 4 kHz, jadi gelombang pembawa di buat untuk bergerak di 4 transmisi kHz. FM biasanya menggunakan band antara 88 hingga 108 MHz dengan penyimpangan sekitaran 75 kHz. Penyimpangan ini di kenal sebagai ‘band FM lebar atau WBFM. Sinyal ini mempunyai bandwidth yang besar serta mensupport untuk penyiaran dengan kwalitas yang baik. Lebar band (band width) kurang digunakan dalam system komunikasi FM. pada system komunikasi dua arah (seperti HT) memakai FM band yang sempit dengan deviasi dari 3 kHz.

Transmisi FM

FM biasanya dipakai pada frekwensi radio VHF untuk menyiarkan musik serta pembicaraan dengan kwalitas tinggi. Nada dari siaran TV normal juga ditayangkan memakai FM. Band FM dipakai dalam tayangan biasanya dimaksud lebar FM (wideband FM) atau W-FM. Dalam radio dua arah, Narrowband FM (N-FM) dipakai untuk menghemat bandwidth. Diluar itu, FM juga dipakai untuk kirim sinyal ke ruangan angkasa. Wideband FM (W-FM) memerlukan bandwidth yang lebih lebar dari pada system modulasi amplitudo (AM) dengan tanda modulasi yang setara, namun tanda Wideband FM lebih tahan pada noise serta interferensi. Frekwensi modulasi juga lebih tahan dari dampak nada yang kurang jelas.
Radio penerima FM memakai detektor spesial untuk sinyal FM serta kadang-kadang detektor ini tunjukkan fenomena yang dimaksud dampak Capture, yang mana tuner bisa dengan terang terima sinyal dari dua stasiun ditayangkan pada frekwensi yang sama. Satu sinyal FM dapat juga dipakai untuk membawa sinyal stereo, dengan memakai multiplexing serta demultiplexing sebelum dan sesudah proses FM.

Stasiun Radio FM di OKU Timur

  • Radio Maspero FM di FM 106 Mhz. " Top nya FM Belitang " alamat Di Jalan Charitas Belitang BK 10. hp 081540051053

  • PT. Radio Dhimas Bersaudara ( RDB) 106, 8 FM ” Radio Sija Ampai Dok Kita ” alamat Bk 5 Kec Buay Madang Timur OKU Timur. hp 0811784465 dan (0735)7007276 / 081367668299.

  • Radio BKM 100,1 FM. alamat Jl. Merdeka No.15, Ps. Martapura, Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan 32313. hp 081540051053 atau (0735) 481800
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »