Website Berita dan Info Pendidikan, Kesehatan, Wisata, Bisnis,Lowongan Kerja dan Teknologi

ads

Berita Terbaru

Penelusuran Tempat Wisata Prasasti Tapak kaki Tuan Rizal di Kabupaten OKU Timur

On 1:12 AM with No comments

okutimurnews.id - Prasasti Tapak kaki Tuan Rizal di Desa Brunei Mulia Kec.Semendawai Timur.
Objek wisata Tapak Tuan Rizal terletak dikecamatan Semendawai Timur yang beribu kota di Brunai Mulia 70 KM dari Martapura, menurut penelitian Tapak Tuan Rizal terdapat di tiga tempat yakni, di daerah Plaju Sumatera – Selatan, Timor – Timor dan Semendawai Timur Kabupaten OKU Timur. Menurut legenda yang ada dimana setiap tempat yang terdapat Tapak Tuan Rizal maka daerah tersebut akan menjadi daerah yang ramai, maju dan sejahtera.

Berdasarkan penelusuran kami menuju lokasi, prasasti ini berada di pinggir sungai burnai, di dusun burnai tapak, desa burnai mulia kecamatan semendawai timur. yang artinya Tuan Rizal pada saat itu menggunakan rakit atau perahu dan singgah sejenak di daerah ini. Saat ini tapak kaki tuan Rizal sudah tak nampak lagi karena di tumbuhi rumah rayap. Di sekitar Prasasti ada batang pohon yang besar yaitu kayu laban yang telah berumur ratusan tahun. Area prasasti saat ini telah di pagar permanen.

Beberapa warga sekitar menyebutnya sisik belik, sering di datangi orang dengan membawa sesaji, tidak tau tujuannya apa. Prasasti Tapak tuan rizal memiliki juru kunci yaitu mbah dalam, sayang sekali kami tidak dapat menemui beliau. Rumah mbah dalang tidak jauh dari lokasi, beliu tau persis cerita dari prasasti tapak tuan Rizal.

Prasasti tapak tuan rizal berada di tengah kebun karet. Menurut warga sekitar yang kami temui Bapak Nursubki kebun karet tersebut milik mantan kades Burnai Mulia yaitu bapak Azam.

Demikianlah salah satu tempat wisata prasasti Tapak kaki tuan Rizal berdasarkan penelusuran kami, Jika anda butuh informasi dan guide untuk kelokasi bisa menghubungi ke 0811784465

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »